metode karyawisata paud sutitah sudarso 1

PENGERTIAN METODE KARYAWISATA

Metode karyawisata adalah suatu metode dalam kegiatan pembelajaran dengan cara mengamati dunia sesuai dengan kenyataan yang ada secara langsung meliputi manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan benda-benda lainnya yang melibatkan panca indra. Melalui metode ini Anak Usia Dini dapat memperoleh kesempatan langsung untuk observasi dan mengkaji segala sesuatu secara langsung.
Manfaat dari karyawisata ini diantaranya untuk membangkitkan minat anak kepada sesuatu hal, memperluas perolehan informasi anak, memperkaya lingkup program kegiatan belajar anak usia dini yang tidak mungkin dihadirkan di dalam kelas.

TUJUAN DAN MANFAAT METODE KARYAWISATA

MANFAAT KARYAWISATA

Karyawisata dapat dipergunakan untuk merangsang minat Anak Usia Dini terhadap sesuatu, memperluas informasi yang telah diperoleh di kelas, memberikan pengalaman mengenai kenyataan yang ada dan dapat menambah wawasan (Hildebrand, 1986).
 
Dengan karyawisata dapat memberikan kesempatan kepada anak usia dini untuk menumbuhkan minat tentang sesuatu hal. Misalnya, untuk menumbukan minat kepada hewan, anak bisa di ajak untuk berkunjung di kebun binatang. Sebagai bekal karyawisata sebaiknya anak terlebih dahulu diberikan informasi di kelas mengenai beberapa hal yang akan diamati. Informasi yang diperoleh anak merupakan masukan-masukan dalam kegiatan belajar selanjutnya yang akan memperkaya isi kegiatan belajar di kelas. Keterkaitan ini akan memperjelas konsep yang baru diperolehnya.
 
Menurut Freunbel, yang menyatakan bahwa apa yang ingin ditampilkan dan dilakukan oleh anak berangkat dari pemahamannya tentang sesuatu yang diamati (Gans, Stendler, Almy, 1952) .
 
Ada dua hal yang mungkin dilakukan oleh anak setelah mengamati dalam kegiatan karyawisata:
  1. Berusaha untuk mempertajam kesan pengamatannya sehingga memperjelas pengertian tentang sesuatu hal
  2. Berusaha untuk mereproduksikan hal-hal yang diamati
  3. TUJUAN KARYAWISATA

    Ada beberapa aspek perkembangan anak usia dini yang ccok dikembangkan dengan program kegiatan belajar melalui karyawisata, antara lain pengembangan aspek fisik, kognitif, kreatifitas, bahasa, seni, moral agama, sosial emosional, kehidupan bermasyarakat, serta penghargaan pada karya dan jasa orang-orang tertentu. Tujuan karyawisata juga perlu dikaitkan dengan tema-tema yang sudah ditetapkan pada program kegiatan belajar anak usi dini. Dengan menggunakan tema-tema yang terdapat dalam kurikulum belajar bagi anak usia 4-6 tahun, maka metode karyawisata telah menunaikan fungsinya sebagai alat mencapai tujuan pendidikan anak usia dini yang sesuai.
peserta didik paud sutitah sudarso 1 juga melakukan kegiatan karyawisata pada setiap tahunnya kegiatan ini kami lakukan untuk bertujuan membangun pengetahuan akan dunia luar.
kegiatan ini kami lakukan setiap akhir semester ganjil dan genap dan kami juga melakukan kegiatan kunjungan pada tema profesi. kegiatan kunjungan juga termasuk dalam kegiatan pembelajaran di lingkungan luar.
Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, berenang, biliar, luar ruangan, alam dan air
karyawisata ke kolam renang gor pangsuma

Gambar mungkin berisi: 4 orang
karyawisata ke musium kalimantan barat

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang di panggung dan orang berdiri
kunjungan kepolisian sektor siantan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat Anak Usia Dini PAUD Sutitah Sudarso 1

kegiatan keprofesian paud suitah sudarso 1